Rabu, 18 Februari 2009

Template Blogger 3 Kolom

Bagi teman-teman pemula di dunia bisnis internet, tentu akan sangat menyenangkan jika anda bisa membuat blog sendiri. Salah satu untuk membuat blog adalah lewat blogger. Menampilkan blog yang nyaman akan membantu anda di bisnis internet.


Bagi yang sudah punya blog dengan blogger, tetapi menginginkan tampilan blog yang lain, selain yang disediakan oleh blogger. Maka penjelasan ini akan sangat berguna bagi anda. Kali ini saya akan membagi pengalaman saya, cara membuat blog dengan template blogger 3 kolom.



Bagi para webmaster senior, kalau ada istilah yang tidak pas, mohon diluruskan. Maklum, saya juga termasuk pemula. Tapi saya suka berbagi pengalaman.

Yang saya maksudkan dengan template blogger 3 kolom adalah membuat blog dengan mendownload suatu blog dimana blog tersebut pakai 3 kolom. Sebagai contoh, hasil dari template blogger 3 kolom itu bisa teman-teman lihat di sini.

Langsung aja kita bahas langkah-langkahnya, berikut ini :

  1. Silahkan buka blognya Ashwini Khare di sini.

  2. Setelah terbuka halamannya, disitu sudah terdapat cara download dan berbagai macam design blog yang siap di download gratis.

  3. Silahkan dipilih mana design yang disukai. Blog saya, peluang usaha dan bisnis, memakai design Rounders(01) yang saya rubah warnanya. Jika sudah ada pilihan, klik judul design yang dipilih.

  4. Akan muncul kotak dialog, klik save file, kemudian klik OK. Maka kode XML sudah tersimpan di komputer anda (biasanya di C).

  5. Bukalah blogger.com. Isi akun anda, nama pengguna (email) dan sandi (password) untuk masuk ke menu selanjutnya.

  6. Pada halaman tersebut ada keterangan judul blog anda. Klik Tata Letak (Layout). Kemudian klik Edit HTML.

  7. Terbukalah halaman yang berisi kode HTML blog anda. Sebelum melangkah ke langkah berikutnya maka perlu disimpan dulu kode HTML yang sudah ada, untuk mengantisipasi kalau hasil perubahan nanti gagal. Kalau gagal HTML yang semula bisa dipanggil lagi. Maka klik Download Template Lengkap.

  8. Memanggil file hasil download dari blognya Ashwini Khare tadi. Caranya, lihat deretan tulisan di bawah tulisan Download Template Lengkap tadi. Kemudian klik Browse. Akan keluar kotak untuk mencari dimana filenya disimpan, biasanya di C. Setelah ketemu, klik file tersebut. Kemudian klik Unggah (Upload).

  9. Kemudian klik Simpan Template, yang kotaknya warna merah.

  10. Sekarang blog anda sudah berubah. Silahkan lihat dulu.

  11. Untuk merubah huruf dan warna, masih di Tata Letak, klik Font dan Warna. Silahkan dirubah sesuai selera anda. Selesai.

Nah teman-teman pemula, silahkan dipraktekkan. Atau mungkin ada yang punya trik jitu lainnya, saya tunggu bagi-bagi ilmunya....

2 komentar:

Anonim mengatakan...

asslmlkm,sy cob ulang kali selalu gagal,terjadi galat apa tuh?katnya juga kode XML harus ditutup semua, sy gak faham.jazzkllh atas bantuannya

Anonim mengatakan...

mantap

Recent Comments